Sabtu, 23 Februari 2013

Install MATE untuk Fedora 16


Fedora sebagai distro besar memakai GNOME 3 semenjak Fedora 15. Sebagai Desktop Environment Baru, GNOME 3 atau disebut juga dengan Gnome Shell cukup membingungkan dan terus terang ribet. Meski sudah dibantu kemampuannya dengan Gnome Shell Extensions tetap saja ada satu faktor yang membuat GOME 3 masih kurang nikmat dipakai. GNOME 3 termasuk berat, meski digunakan pada workstation dengan spek hardware tinggi. Ada upaya untuk membuat GNOME 3 memiliki look and feel seperti GNOME 2, namun itu merupakan modifikasi dari Gnome Shell Extensions. Salah satunya adalah CINNAMON. Cinnamon tetap saja cukup berat dan lamban bagi Fedora 16.
Dengan munculnya GNOME 3, secara otomatis GNOME 2 pengembangannya berhenti dan tidak akan pernah ada lagi di dalam distribusi Linux saat ini. Untunglah ada pengembang yang membuat fork GNOME 2 ini dengan nama MATE. Mate ini diambil dari nama spesies tanaman Yerba mate. Mate ini sebenarnya baru mendukung beberapa distro terutama distro turunan Debian, seperti Linux Mint, Debian sendiri dan Ubuntu sebagai paket tidak resmi dan dapat diinstall dengan menggunakan PPA, serta distro lain seperti Arch Linux.
Namun jangan khawatir, pengguna Fedora 16 dapat memasang MATE dengan mudah. Repository MATE untuk Fedora dapat dipasang dari link berikut, dengan perintah:
Setelah repository MATE telah terpasang dapat langsung memasang MATE dengan perintah,
1$sudo yum groupinstall MATE-Desktop

Mate vs Cinnamon

Dibanding dengan CINNAMON, ternyata MATE berjalan lebih cepat dan lebih ringan. Bagi yang mementingkan Function daripada Fashion, jelas MATE lebih memberikan unjuk kerja yang optimal karena masih berbasis pada GNOME Desktop Environment. Rasanya lebih nyaman dengan menggunakan Desktop Tradisional. Namun ada juga yang menganggap bahwa ini adalah sebuah kemunduran dan tidak ada gunanya.
CINNAMON yang semata-mata hanya sebuah Shell Extension dari GNOME 3, tetap saja mewarisi sifat aseli GNOME 3 yang berat. Pada Fedora 16, tidak semua Shell Extension dapat memberikan efek yang diharapkan, malah kadang terjadi konflik sehingga tidak dapat masuk ke Desktop atau masuk ke Fallback Mode.

Sumber Asli

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms